Perlu Dicoba Nih, Beberapa Cara Membuat Kopi yang Enak dan Nikmat

Kopi menjadi salah satu minuman yang sangat digemari di dunia, bahkan untuk beberapa orang minum kopi sudah menjadi aktivitas sehari-hari. Meski banyak pendapat tentang kandungan dalam kopi yang berefek negatif bagi kesehatan, namun kopi tetap digemari oleh hampir  80% – 90% populasi orang dewasa di dunia.

Jika kamu adalah salah satu penikmat kopi, ada beberapa cara membuat kopi agar lebih nikmat. Kamu harus memperhatikan kualitas air, kualitas biji kopi itu sendiri, proporsi yang menentukan kadar kepekatan kopi, dan beberapa faktor lainnya. Serunya lagi adalah saat ini kita bisa membeli alat-alat pembuat kopi manual dan membuatnya sendiri. Caranya pun mudah, kamu bisa membuat kopi racikanmu sendiri. Berikut ini adalah beberapa cara membuat kopi nikmat yang bisa kamu coba:

Filter Method / Drip Method

Metode ini merupakan cara membuat kopi populer yang banyak digunakan oleh masyarakat karena terbilang sederhana dan efisien.

cara membuat kopi (5)

Cara membuat kopi dengan metode ini sangat mudah. Kopi bubuk diletakkan pada kertas saring yang terdapat di atas bejana kopi. Kemudian air panas akan dituang di atasnya, kopi kemudian diseduh dengan memanaskan bejana tersebut dan kopi pun siap disajikan.

French Press

Kalau metode French Press ini sering kamu temui di kedai-kedai kopi. French Press atau Plunger/Cafetiere ini bisa mengekstrak banyak citra rasa yang terdapat dalam kopi bubuk. Kamu bisa membeli alat  French Press ini dengan harga yang terjangkau.

cara membuat kopi (3)

Cara menggunakannya juga terbilang simple, masukkan kopi bubuk secukupnya ke dalam Frensh Press, tuangkan air mendidih yang sebelumnya telah didiamkan selama 1 menit ke dalam French Press tersebut. Pastikan kamu menuangkan air mendidih dari teko ke dalam French Press dengan posisi yang agak tinggi dari  French Press itu sendiri karena ini bisa menghasilkan gelembung air yang akan membuat aroma kopi menjadi lebih nikmat. Kemudian aduk rata, makin lama diaduk maka akan membuat aroma dan rasa kopi lebih menyatu. Langkah terakhir adalah dengan menekan kopi menggunakan tutup French Press secara perlahan. Tuangkan racikan tersebut ke dalam cangkir dan kopi pun siap dinikmati.

Turkish Coffee

Metode ini disebut juga dengan Arab Method. Sebenarnya metode ini merupakan asal muasal cara pembuatan kopi yang pertama kali. Dengan menggunakan metode ini, kamu bisa menghasilkan kopi dengan rasa yang sangat pekat. Metode ini cocok buat kamu yang memang menyukai kopi dengan rasa yang kuat.

cara membuat kopi (2)

Pertama-tama untuk membuat kopi ini ada menggiling biji kopi secara manual dengan menggunakan lesung dan alu atau mesin penggiling kopi (kahve değirmeni). Bubuk kopi tersebut kemudian ditaruh di sebuah bejana (ibrik) dengan gula dan air. Campuran ini diasuk dan didisihkan hingga 3 kali. Kopi pun siap disajikan.

Espresso

Mesin Espresso ini bisa dibilang adalah salah satu mesin yang canggih untuk membuat kopi. Hampir semuanya bisa dijalankan secara otomatis, termasuk dalam pengaturan suhu. Namun tetap saja kopi yang dihasilkan nanti ditentukan dari pengalaman-pengalaman kamu sendiri dalam membuat kopi.

cara membuat kopi (1)

Cara membuat kopi dengan mesin espresso terbilang agak rumit, terutama bagi kamu yang memang pertama kali menggunakannya. Pertama kali yang harus dilakukan adalah menghaluskan biji kopi, dengan menggunakan mesin Espresso ini, kamu bisa mengatur kehalusan kopi yang tepat sesuai selera kamu, yang jelas makin halus akan bisa menghasilkan rasa yang nikmat. Taruh biji kopi yang sudah halus ke dalam Porta Filter, namun pastikan sudah di-flushing (bersihkan) dan dikeringkan terlebih dahulu. Usahakan agar permukaan kopi halus pada Porta Filter rata, dengan mengetuk Porta Filter atau cukup mengetuknya. Langkah terakhir adalah melakukan Ekstraksi Espresso, dengan memanfaatkan Variable Presseru kamu bsisa mengeluarkan flavor yang kamu inginkan.

cara membuat kopi 10

Keempat metode tersebut hanyalah contoh cara membuat kopi menggunakan mesin. Saat ini makin banyak referensi membuat kopi yang bisa kamu temukan di Youtube atau internet. Buat kamu yang ingin membuat kopi, kamu tak perlu bingung dalam mencari alat atau mesin pembuat kopi, karena kamu bisa membelinya lewat online di Bukalapak dengan diskon hingga 30%. Selain itu, kamu pun bisa menggunakan voucher diskon BLMagic yang bernilai potongan harga hingga Rp100.000, lumayan karena bisa membuatmu lebih hemat, cek di sini untuk melihat alat pembuat kopi atau cukup ketikkan nama alat tersebut pada kolom pencarian di Bukalapak. Yuk, belanja mesin pembuat kopi di Bukalapak.

Leave a comment