Wajib Tau, 9 Kopi Termahal di Dunia !

Ngomong-ngomong soal kopi, tau gak sih apa yang membuat harga penjualan tiap merek kopi pasti berbeda. Konon ini semua disebabkan oleh kualitas biji kopi, cara pengolahan serta bahan yang sulit bahkan langka ditemukan.

Saat melihat kopi termahal di dunia ini, kita pasti tak menyangka jika kopi yang biasanya dibeli cuma harga kerupuk, tapi kalau udah naik pesawat kok jadi mahal banget yah. Bayangkan harga secangkir kopi, maaf maksudnya bercangkir-cangkir kopi kurang dari per setengah kilogram, bisa buat bayar kreditan mobil sebulan.

Sahabat coffeeone mau tahu? merek-merek kopi kelas papan atas mana saja yang masuk Berikut selengkapnya;
1. Black Ivory Coffee di Thailand
Ingin menikmati sensasi minum kopi bekas olahan pencernaan dari Gajah? Black Ivory Coffe namanya, produksi asli dari Negeri Gajah Putih Thailand. Dijual seharga 500 dollar atau sekitar 6,6 juta rupiah untuk 1 pon (453 gram).
9 Kopi Termahal di Dunia
Photo: Copyright telegraph.co.uk

Kopi berjenis arabika ini sendiri terinspirasi langsung dari Kopi Luwak kebanggaan Indonesia. Diproses melalui sistem pencernaan gajah dan rasa kopi yang dihasilkan merupakan hasil fermentasi dari selulosa yang sudah mengubah kadar kepahitan biji kopi, saat biji kopi dimakan, kandungan proteinnya telah dipecah oleh enzim gajah selama 15 sampai 70 jam.

Photo: Copyright buzzworthy.com

Dan tak semuanya biji kopi dapat dimanfaatkan untuk dikonsumsi setelah keluar dari sistem pencernaan gajah. Inilah yang membedakan proses pembuatan kopi black Ivory dengan luwak. Karena luwak hewan omnivora sedangkan gajah herbivora. Harga yang melambung tinggi mungkin disebabkan juga, karena kelangkaan dari mendapatkan bahan biji kopi tersebut.

2. Hacienda La Esmeralda, Panama
Ada rasa yang sangat unik saat kita menikmati secangkir kopi Hacienda La Esmeralda yang hanya tumbuh di ketinggian 1850 m diatas permukaan laut, terletak di Boquete, bagian barat wilayah Panama.

Hacienda La Esmeralda yang dikenal juga dengan sebutan Geisha Esmeralda memiliki aroma bunga bercampur dengan wangi jeruk dan jambu, sedangkan untuk rasanya sendiri seperti kopi yang di mix dengan madu.

Photo: Copyright singleoriginroasters.com

Untuk menikmatinya pun tidak harus mencampurkan gula, karena kopi ini sendiri sudah terasa manis. Tak salah jika kopi Hacienda milik keluarga Peterson mendapatkan penghargaan sebagai kopi dengan rasa terbaik di dunia selama 5 tahun berturut-turut.

Dijual seharga 350 dollar atau 4,6 juta per 1 pon (453 gram). Ini pun tidak bisa membelinya langsung, harus melalui proses pelelangan. Dan hanya diproduksi sebanyak 6 ton untuk setiap tahunnya.
3. St. Helena (Saint Helena)

Salah satu harga kopi termahal di dunia adalah St. Helena yang berada di Pulau Saint Helena tempat Napoleon Bonaparte pernah diasingkan pada tahun 1816 sampai ia meninggal 1821. Semasa hidup Napoleon pernah berkata bahwa kopi St.Helena adalah kopi paling nikmat yang pernah ia rasakan dari berbagai macam jenis kopi yang terdapat di belahan dunia.

Photo: Copyright luxgram.com

Untuk rasa kopi ini sendiri mirip dengan Hacienda La Esmeralda, sama sama memiliki aroma bunga bercampur wangi jeruk sedangkan rasa manisnya seperti caramel. Harga kopi mewah St. Helena ini sendiri dibandrol 79 dollar atau sekitar 1,5 juta rupiah per 453 gramnya.

4. Jamaican Blue Mountain Coffee

Secangkir kopi Blue Mountain mengingatkan kita akan rasa kopi klasik tentunya dengan 10 kali lipat kenikmatan. Tumbuh dan dibudidayakan di Blue Mountains, pegunungan terpanjang di Jamaika, dengan ketinggian 7402 kaki diatas permukaan laut. Keunikan kopi ini sendiri rasanya yang kurang terasa pahit karena dipengaruhi dari manis bunga dengan aroma herbal dan wewangian rempah.

Photo: Copyright turystyka.cmielow.com

Selama beberapa tahun Kopi Blue Mountain telah mengembangkan reputasinya menjadi kopi paling mahal dan paling dicari di dunia. Kepopuleran kopi ini sendiri sangat diminati oleh negara Jepang, lebih dari 80 persen bahan kopi Blue Mountain telah diekspor ke negeri Yakuza Sakura tersebut.

Untuk dapat menikmati sensasinya cukup membeli 50 dollar atau seharga 665 ribu rupiah per pon nya.
5. Fazenda Santa Ines, Brazil

Produk kopi asli buatan Minas Geraiz di Brazil ini juga menjadi salah satu kopi mewah termahal di dunia. Proses pembuatannya masih mempertahankan cara tradisional tanpa menggunakan mesin penggiling kopi sama sekali.

Photo: Copyright 078.com.ua

Ada nuansa manis buah dan karamel saat kita mencicipinya. Harga Kopi Fazenda Santa Ines ini sendiri dijual sekitar 50 dollar atau 665 ribu rupiah per pon. Berminat untuk membelinya?

 
silahkan baca lanjutannya di : lanjutan-kopi-termahal-di-dunia

One thought on “Wajib Tau, 9 Kopi Termahal di Dunia !

Leave a comment